Selasa, 10 September 2019

Review konten rumah belajar dengan STT dan TTS, Review ke-2 buku tentang Jamu Ramuan Tradisional Kaya Manfaat

Review konten rumah belajar dengan STT dan TTS, Review ke-2 buku tentang Jamu Ramuan Tradisional Kaya Manfaat


Selamat siang, selamat berjumpa kembali, dalam review buku yang kedua. Perkenalkan nama saya, Eko Wahyono, dari SMP Negeri 2 Rembang.
Pada siang hari ini, saya akan mereview sebuah buku, yang diambil dari situs rumah belajar.id. Adapun buku tersebut berjudul “Jamu Tradisional Kaya Manfaat”. Buku ini dikarang oleh Rifka Army yang diterbitkan pada tahun 2018. Buku ini merupakan terbitan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Buku ini sepenuhnya membahas mengenai permasalahan jamu khususnya di Indonesia. Dalam pengantarnya, pengarang menjelaskan mulai dari sejarah jamu, kemudian pengertian jamu itu sendiri, ramuan dan manfaat jamu, yang semuanya dijelaskan dengan juga ditampilkan beberapa contoh jenis hasil bumi yang dapat digunakan sebagai ramuan jamu. Masing-masing ramuan mempunyai khasiat yang berbeda-beda.
Penjelasannya jamu di Indonesia dibagi menjadi 5 periode. Dan dari beberapa penelitian jamu-jamu ini memang mengandung khasiat yang berbeda-beda. Dicontohkan dalam buku ini misalnya umbi-umbian jahe. Bagi masyarakat Indonesia jahe yang dijadikan minuman ternyata berkhasiat untuk menghangatkan tubuh.
Demikian juga dengan umbi-umbian yang lain misalnya kunyit. orang Indonesia sudah mengenalnya ribuan tahun yang lalu yakni sebagai bahan untuk memasak, juga sebagai bahan pewarna alami yakni warna kuning. Dan tentu saja masih dijelaskan beberapa manfaat dari bahan jamu yang lain.
Buku ini dikemas dengan gaya bahasa yang lugas, dengan tata letak yang cukup bagus sehingga siapapun yang membaca atau mempelajari buku ini akan merasa mudah untuk menerima yang dimaksudkan oleh penulis.
Selain itu buku ini juga memiliki kelebihan dari penjelasan penjelasan mengenai jenis bahan ramuan juga disertakan foto dari bahan tersebut. Dari beberapa penjelasan bisa disimpulkan bahwa kekayaan rempah-rempah Indonesia sangatlah menghasilkan nilai yang tinggi. Hal ini terbukti dari betapa kayanya hasil bumi, hasil rempah-rempah yang dikandung oleh Indonesia.
Tidaklah mengherankan jika bangsa asing melihat bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya dengan khususnya hasil bumi yang berkhasiat bagi kesehatan. Kiranya buku ini layak dimiliki warga, rakyat, masyarakat Indonesia yang dengan sungguh memperhatikan tentang kesehatannya.
Buku ini ditulis dengan luar dan biasa menjadikan referensi yang bisa dipertanggungjawabkan. Bangsa Indonesia bangga dengan hasil yang terkandung di alam Indonesia dengan daya jual yang tinggi.
Demikian kiranya review yang kedua review saya yang merupakan ramuan tradisional yang sungguh kaya manfaat ini. Atas segala yang sampaikan mohon maaf jika ada kata-kata atau hal-hal yang kurang berkenan dan semoga yang saya sampaikan ini bermanfaat baik pengetahuan bagi kita.

Selamat siang dan terima kasih.


Berikut ini videonya..

https://youtu.be/ZsV4mlanG7o





Tidak ada komentar:

Posting Komentar