Rabu, 26 Mei 2010

SOFTWARE PHOTO RESIZER

Beberapa waktu yang lalu saya mengirim naskah reportase untuk sebuah tabloid rohani. Naskah harus disertai dengan foto pendukung. Ada satu naskah dan beberapa foto pendukung, setidaknya ada lima buah foto dengan resolusi tiap foto kurang lebih 5 MB. Setelah saya pilih foto yang sesuai, kemudian saya lihat betapa besar jumlah file keseluruhan, lebih dari 20 MB. Padahal untuk mengunggah file tersebut saya menggunakan gmail, yang kini sudah mendukung kapasitas yang besar. Untuk memperkecil ukuran file, saya gunakan kompresi file ZIP. Namun rupanya hal ini tak banyak membantu. Akhirnya saya gunakan software untuk mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto tersebut. Ada beberapa software yang menawarkan kemampuan tersebut, antara lain :
Image Shrink,



Fastone Photo Resizer,



dan High Quality Photo Resizer.


Dan ternyata hasilnya tidaklah mengecewakan. Foto tampak seperti aslinya tetapi ukuran dapat diperkecil, sehingga ukuran file yang semula 20 MB lebih dapat ditekan hingga menjadi kurang dari 6 MB saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar